Lima Orang Paling Kaya di Rusia Versi Majalah Forbes

Lima Orang Paling Kaya di Rusia Versi Majalah Forbes – Majalah Forbes edisi Rusia telah mempulikasikan daftar tahunan 200 orang paling kaya di Rusia versinya. Forbes menetapkan 500 juta dolar AS sebagai batas nilai kekayaan untuk yang bisa masuk ke dalam daftar itu.

Baca juga : CEO Grab Masuk ke Dalam Daftar Orang Terkaya di Malaysia

Hal itu juga menunjukkan bahwa para pebisnis Rusia semakin kaya. Sebagai perbandingan, tahun lalu batas nilai kekayaan yang ditetapkan Forbes adalah 350 juta dolar AS.

Berikut ini adalah 5 orang palin gkaya di Rusia:

1. Alisher Usmanov (15,2 miliar dolar AS)

Meski kekayaannya bertambah sebesar 2,7 miliar dolar AS tahun lalu menjadi 15,2 miliar dolar AS (202,8 triliun) saat ini, posisi taipan Alisher Usmanov turun dari peringkat tiga tahun lalu ke peringkat lima.

Usmanov memiliki bisnis yang sangat terdiversifikasi di Rusia: perusahaannya, USM Holdings, berinvestasi di Metalloinvest dan Baikal Mining (spesialis pertambangan dan metalurgi), Megafon (operator jaringan seluler), Kommersant (media), klub sepak bola Arsenal FC, dan lain sebagainya.

2. Gennady Timchenko (16 miliar dolar AS)

Meski ada sanksi AS terhadap bisnisnya, kekayaan Timchenko bertambah 4,6 miliar dolar AS dari tahun lalu menjadi 16 miliar dolar AS tahun ini. Timchenko adalah pemilik Volga, grup investasi swasta dengan ekuitas di Novatek (produsen gas alam), Sibur (perusahaan pengolah gas dan petrokimia), Stroytransgaz (perusahaan konstruksi minyak dan gas), Transoil (operator kereta) dan bisnis-bisnis lainnya.

3. Vladimir Lisin (16,1 miliar dolar AS)

Di peringkat ketiga ada Vladimir Lisin, yang memiliki Novolipetsk Steel, salah satu perusahaan baja terbesar di Rusia. Seiring kesuksesan bisnisnya, kekayaan Lisin dibanding tahun lalu bertambah 6,8 miliar dolar AS, jumlah peningkatan tertinggi di daftar.

4. Alexei Mordashov (17,5 miliar dolar AS)

Mordashov merupakan pemilik raksasa baja dan minyak Rusia Severtstal dan pemegang saham di perusahaan layanan wisata Jerman TUI Group. Kekayaan pribadinya bertambah 6,6 miliar dolar AS dibanding tahun lalu, atau meningkat lebih dari 60 persen.

5. Leonid Mikhelson (18,4 miliar dolar AS)

Secara berturut-turut, daftar orang terkaya Rusia dipuncaki oleh Leonid Mikhelson, salah satu pemilik Novatek dan pemilik ekuitas di Sibur. Kekayaannya tahun ini meningkat 4 miliar dolar AS dari tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *