Daftar Orang Kaya di Taiwan

Daftar Orang Kaya di Taiwan

Posted by

Daftar Orang Kaya di Taiwan – Kompetisi bisnis antara China daratan dan Taiwan terus terjadi dengan ketat. Kekayaannya orang-orang Chian daratan dan Taiwan saling kejar mengejar. Orang-orang kaya di taiwan yang tidak lain adalah pengusaha, terus bertambah menyusul ekspor Taiwan menguat seiring dengan membaiknya ekonomi Amerika Serikat (AS), yang diikuti dengan membaiknya ekonomi dunia.

Majalah Forbes kembali merilis daftar-daftar orang kaya yang ada didunia. Forbes juga tidak luput untuk meliris daftar orang kaya di Taiwan yang diantaranya sebagiannya adalah pengusaha yang bergerak di bidang ekspor, sebagai berikut :

1. Tsai Eng Meng
Dia merupakan Chairman Want Want Food, perusahaan produsen makan ringan raksasa di Taiwan. Dia kembali didaulat menjadi yang terkaya di Taiwan. Padahal, kekayaannya turun USD1 miliar sejak Mei 2013 akibat turunnya harga saham perusahannya di bursa Hong Kong. Kini, pria 57 tahun ini memiliki kekayaan sebesar USD9,6 miliar.

2. Wei bersaudara
Mereka adalah pemilik perusahaan produsen makanan dan minuman raksasa, Tingyi, yang tercatat di bursa Hong Kong. Perusahaan ini menguasai 57 persen pasar mi instan di China, dan 43 persen pasar minuman teh instan. Kekayaan mereka mencapai USD8,6 miliar.

3. Tsai Wan Tsai dan keluarga
Dia adalah tokoh industri jasa keuangan di Taiwan. Perusahaannya, Fubon Financial Holdings, saat ini dijalankan oleh anaknya, Daniel dan Richard. Pada tahun 2013, perusahaan ini mencatatkan nett income USD1,1 miliar. Kekayaan dia saat ini mencapai USD7,9 miliar.

4. Terry Gou
Setelah diterpa isu kontroversial di China, produsen utama Apple, Hon Hai Precision (Foxconn) semakin bersinar di pasar saham. Hal ini membuat kekayannya CEO-nya, Terry Gou semakin banyak. Jika pada tahun lalu dia memiliki kekayaan USD4,8 miliar, tahun ini kekayaannya bertambah menjadi USD6,1 miliar.

5. Lin Yu-lin
Kekayaannya bertambah dari USD3,4 miliar pada tahun lalu menjadi USD6 miliar seiring dengan revaluasi di holding perusahaan real estatnya. Dia merupakan pemilik areal perkantoran dan kompleks ritel miliknya Exchange Square I dan II, kendati dibangun satu dekade lalu, tapu dia berada di pusat bisnis Taipei.

6. Lou Jye dan keluarga
Lou menyeragkan perusahaannya, Cheng Sin Rubber kepada anaknya Lo Tsai Jen pada bulan ini. Produsen ban tersebut terus mencatatkan kenaikan penjualan bank motor dan mobil pada bulan lalu. Cheng Shin memiliki 20.000 tenaga kerja dan telah mendistribusikan prodiknya ke 150 negara. Dia tengah membangun pabrik terbarunya di Indonesia. Saat ini, kekayaannya mencapai USD4,6 miliar.

7. Barry Lam
Chairan Quanta Computer membuat Taiwan mengerti bagaimana cloud computing akan mempengaruhi bisnis elektronik di negara tersebut. Kenaikan pengiriman unit notebook dan perangkat komputer membantu penjualannya semakin meningkat. Kekayannya saat ini mencapai USD4,5 miliar.

8. Samuel Yin
Dia adalah pemimpin Taiwan Ruentex Group, yang memiliki bisnis di sektor ritel, jasa keuangan dan real estat. Kekayaan Yon naik 35 persen menjadi USD4,5 miliar dibandingkan tahun lalu akibat suksesnya akuisisi yang dilakukan atas Nan Shan Insurance dari AIG pada tahun 2011 lalu.

9. Lin Rong San
Dia adalah pemilik salah satu perusahaan real estat terbesar di Taiwan. Proyek perkantorannya mengelilingi Teipei. Dia juga mengontrol Union Bank. Kekayannta mencapai USD4,4 miliar.

10. Tsai bersaudara
Kisah sukses keluarga ini, dimulai dari sang ayah, Tsai Wan Lin yang dulu merupakan orang terkaya di Taiwan tidak mampu menyelamatkan Tsai Hong-tu dan Tsai Cheng-da dari tekanan krisis keuangan global di 2009. Saham Cathay Financial Holdings, perusahaan jasa keuangan milik keluarga ini, baru saja recoveri setelah anjlok pascakrisis tersebut. Hal ini pun membuat kekayaan dua anak tersebut kembali meningkat. Kekayaan keluarga ini tercatat sebesar USD4,1 miliar.

Inilah kesepuluh orang yang masuk dalam daftar orang kaya di taiwan menurut majalah forbes.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *