Daftar Orang Kaya di Hongkong

Daftar Orang Kaya di Hongkong

Posted by

Daftar Orang Kaya di Hongkong –┬áPosisi teratas dalam daftar orang terkaya Hong Kong tetap diisi oleh Li Ka-shing. Miliarder ini seolah tak tergoyahkan. Li menjadi miliarder terkaya di Hong Kong lebih dari 5 tahun terakhir. Pada awal 2017 ini, Forbes kembali menempatkannya sebagai miliarder terkaya di Hong Kong.

Kinerja para orang terkaya ini sejalan dengan perkiraan pertumbuhan PDB dari 2,2 persen tahun lalu, dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 2,9 persen. Sedangkan benchmark indeks pasar saham nyaris tidak beranjak. Berikut daftar orang kaya di Hongkong sebagai berikut :

1. Li Ka-shing
Julukan tokoh ini sebagai ‘Superman’ dari asia sebab ia mampu mengelola banyak bisnis yang menguntungkan sehingga membuat ia dikenal sebagai orang terkaya di benua Asia. Li Ka Shing yang lahir pada 29 Juli 1928 di Chaozhou, China ini bukanlah berasal dari keluarga yang kaya. Ia lahir dari keluarga yang sangat miskin. Namun, Chairman dari Hutchison Whampoa yang mempunyai nilai kekayaan sebesar USD 33,5 miliar. Di usianya yang ke 86 tahun ini, dia telah mengumpulkan kekayaannya dari berbagai banyak perusahaan yang dimilikinya.

2. Lee Shau Kee
Pemilik bisnis properti ini meningkatkan kepemilikannya di Henderson Land Development sebesar 7 persen tahun lalu ketika pasar sedang lesu. Hal ini mulai dilakukannya saat ia bertemu dengan miliarder terkenal, Kwok Tak-Seng, dan mulai menyusun langkah setapak demi setapak yang akhirnya mendirikan Sun Hung Kai Properties Limited.

Bisnis ini membuat Kee mengembangkan usahanya di bidang usaha lain sepanjang hidupnya. Nilai kekayaannya sebesar USD 25 miliar. Pundi-pundi uangnya didapatkan dari bisnis real estate. Perusahaan Lee Shau Kee Henderson Land mempunyai nilai kapitalisasi pasar sebesar USD 5 miliar.
3. Cheng Yu-tung
Meskipun telah tiada, beliau merupakan pimpinan riteler perhiasan terbesar di dunia ini diperkirakan memiliki kekayaan senilai US$ 19,6 miliar. Kekayaannya tersebut berjumlah lebih dari tiga kali lipat harta yang dimiliki pesaing terdekatnya Beny Steinmetz. Harta tersebut diperoleh dari perusahaan yang dipimpinnya Chow Tai Fook Jewellery Group.
Selain menjadi yang terkaya, Cheng juga menjadi yang tertua di antara 10 pemilik perusahaan berlian terkaya di dunia. Ayah empat anak ini menguasai bisnis mulai dari fashion sampai jalan tol. Insting bisnisnya ini menurun ke anak lelakinya yang memimpin perusahaan New World Development.
4. Thomas & Raymond Kwok
Mempunyai kekayaan sebesar USD 14,7 miliar. Bisnis real estatenya cukup menggurita di Hong Kong. Thomas tersangkut kasus korupsi dan dihukum penjara lima tahun, sementara saudaranya Raymond bersih dari tuntutan hukum.
5. Lui Che Woo
Pria berusia 85 tahun tersebut memiliki kekayaan sebesar USD 13,4 miliar. Bisnis kasino yang dimilikinya, Galaxy Entertainment, di Macau perlahan melonjak setelah dia meraup keuntungan besar pada tahun lalu.
6. Joseph Lau
Joseph Lau Luen Hung (Lahir 1951 di Hong Kong dengan akar keluarga di Chaozhou, Guangdong) adalah miliarder Hong Kong investor real estate yang memiliki saham 61% di Estates Holdings Cina. Kekayaannya diperkirakan oleh Forbes pada $ 11500000000 per Juni 2015. Pada tanggal 7 November 2007, ia membuat pembelian atas malam di lelang Sotheby dengan membayar $ 39.200.000 untuk Paul Gauguin Te Poipoi, lukisan adegan Tahitian. Menurut Sunday Times, Lau memiliki salah satu koleksi terbaik anggur merah di dunia, dengan setidaknya 10.000 botol, dan merupakan kolektor seni avid.
7. Michael Kadoorie
Adalah seorang eksekutif bisnis dan dermawan. Pada Maret 2011, ia adalah orang terkaya ke-6 di Hong Kong, dengan kekayaan keluarganya diperkirakan 9,5 miliar dolar AS menurut daftar tahunan Forbes ‘miliarder. Dia merupakan Presiden Direktur dari Hongkong & Shanghai Hotels.
8. Peter Woo
Kekayaannya tercatat sebesar USD 7,9 miliar. Woo merupakan pengusaha real estate yang mempunyai mal terbesar di negara itu, Harbour City di Tsim Sha Tsui dan Times Square di Causeway Bay.
9. Joseph Tsai
Beliau dalah pengusaha Taiwan-Kanada. Dia adalah co-founder dan wakil ketua Alibaba Group. Nilai kekayaannya sebesar USD 6,9 miliar. Di usianya yang menginjak 50 tahun, pria berkewarganegaraan Kanada ini menjalankan bisnis e-commerce.
10. Walter Kwok
Mempunyai kekayaan sebesar USD 6,7 miliar. Kwok menjalankan bisnis real estatnya dengan sukses. Dia pun memutuskan mengundurkan diri dari jajaran direksi Sun Hung Kai Properties setelah melakukan perjanjian dengan broker yang dijalankan oleh ibunya

Dan kesepuluh ini adalah pengusaha yang masuk dalam daftar orang kaya di Hongkong yang telah dirilis oleh majalah forbes pada tahun 2016.


Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *