Daftar orang Kaya di Filipina

Daftar orang Kaya di Filipina

Posted by

Daftar orang Kaya di Filipina – Negara Filipian dengan perekonomian yang tumbuh hanya 4,9 persen pada kuartal-I  ini sebagian dikarenakan penurunan dalam perdagangan dan belanja infrastruktur yang lebih rendah oleh pemerintah yaitu sebesar 8,4 persen pada 2010. Namun, pasar saham negara tersebut sedang booming dimana indeks bursa melejit sebanyak 27 persen yang melebihi pada tahun 2015.

Seperti yang telah dilansir dari situs Majalah Forbes, hal ini mengakibatkan mengangkat nasib orang terkaya dinegara tersebut yaitu secara kolektif kekayaan mereka senilai USD34 miliar yang naik dari tahun lalu sebesar USD22,8 miliar. Berikut daftar orang kaya di Filipina yang tercatat sebagai dalam sepuluh orang terkaya di Filipina versi majalah Forbes :

1. Henry Sy
Posisi ini sudah ditempati  pria berusia 86 tahun ini selama empat tahun berturut-turut dengan kekayaan yang mencapai USD7,2 miliar yang meningkat dari tahun lalu sebesar USD5 miliar. Berawal dari sebuah toko sepatu di Manila, kemudian dia membangun grup retail terbesar di Filipina.

2. Lucio Tan
Kekayaan yang mencapai USD2,8 miliar membuat Lucio Tan menempati posisi kedua. Bapak enam orang anak ini memiliki aset terbesarnya adalah Eton Property di Hong Kong dimana dia menikmati peningkatan nilai daripada properti tersebut. Selain itu dia juga memiliki saham di PAL Holdings dimana memiliki kontrol terhadap maskapai penerbangan Filipina.

3. John Gokongwei Junior
Dengan kekayaan mencapai USD2,4 miliar. Konglomerat  berusia 83 tahun ini memiliki ketertarikan dibidang pemerbangan, telekomunikasi, real estate, perbankan, dan perhotelan. Grup penerbangan yang dimilikinya yaitu Cebu Air pada akhir Oktober meraih pendapatan USD623 juta.

4. Andrew Tan
Kekayaan dari Andrew Tan mencapai USD2 miliar. Pria yang merupakan anak pekerja pabrik ini memiliki sebuah holding company yaitu Alliance Global yang memiliki ketertarikan pada bidang makanan dan minuman, dan real estate. Power genaration baru yang dia miliki yaitu venture FDC Utilities berencana untuk mengumpulkan dana untuk project renewable enrgy.

5. David Consuji
Dengan kekayaan yang mencapai USD1,9 miliar. Mantan inspektur yang mendirikan perusahaan konstruksi pada tahun 1954 ini merupakan seorang konseptor akan perusahaan konstruksi yang lini bisnisnya diperluas kedalam bidang infrastruktur, real estate, dan pertambangan. Pria berusia 90 tahun ini menjadi lima besar dalam daftar lima besar orang terkaya di Filipina dikarenakan kepemilikan saham di DMCI Holding menjadi dobel di tahun lalu. sementara itu nilai akan tambang yang dia meiliki yaitu tambang Semirara mengalami kenaikan sebanyak tiga kali lipat.

6. Jaime Zobel de Ayala
Di posisi enam di tempati oleh Jaime Zobel de Ayala dengan kekayaan yang mencapai USD1,7 miliar. Pemilik Ayala Corporation merupakan salah satu konglomerat terbesar di negara Filipina dari kapitalisasi market yang juga tetrarik dalam bisnis real estate, hotel dan telekomunikasi. Jaime berencana untuk berinvestasi sebanyak USD1,8 miliar di dalam pembangkit listrik dan infrastruktur.

7. Enrique Razon Junior,
Salah satu operator pelabuhan yang mengontrol jasa terminal kontainer internasional, masuk dalam daftar 10 besar orang terkaya di Philipina dengan kekayaan yang mencapai USD1,6 muliar. Konglomerat yang berusia 51 tahun ini juga dinobatkn sebagai konglomerat termuda di Philipina.

8. Eduardo Cojuangco Junior
Dengan kekayaannya  yang mencapai USD1,4 miliar masuk dalam daftar orang terkaya di Filipina. Pria berusia 76 tahun ini memiliki kontrol terhadap San Miguel, makanan dan minuman ini juga memiliki ketertarikan terhadap pembangkit tenaga listrik.

9. Mantan Menteri Perdagangan Roberto Ongpin
Masuk dalam kategori orang terkaya di Philipina dengan kekayaan yang mencapai USD1,3 miliar. Pria yang menempuh studi di Harvard University ini memiliki investasi di bidang properti, pertambangan, dan telekomunikasi. Dia juga memiliki saham di perusahaan pertambangan Atok-Big Wedge yang menuai keuntungan besar.

10. George Ty
Dengan kekayaan yang mencapai USD1,1 miliar. Pemilik bank terbesar kedua yaitu Metrobank mencatatkan memiliki keuntungan sebesar USD195 juta ke 2010 menempati urutan kesepuluh orang kaya di Filipina.

Daftar orang kaya di Filipina ini dilansir oleh salah satu majalah di dunia berdasarakan kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari busar saham, analisi, basis data dan sumber-sumber keuangan lainnya.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *