Daftar Orang kaya di Brunai Darussalam

Daftar Orang kaya di Brunai Darussalam

Posted by

Daftar Orang Kaya di Brunai Darussalam – Salah satu negara kecil dengan kekayaan yang melimpah adalah Brunei Darussalam yang terletak di ujung utara pulau kalimantan ( Milik Indonesia). Negara tersebut dipimpin oleh seorang Raja yang baik hati dan sangat memperhatikan kehidupan rakyatnya.

Sultan yang dikenal dengan nama Sultan Hassanal Bolkiah adalah penguasa tertinggi dari negara tersebut. Raja tersebut berkuasa atas Brunei Darussalam sejak 4 Oktober 1967. Sultan ke-29 Brunei ini memang sangat kaya raya. Disebut-sebut menerima warisan kekayaan dari sang ayah, Omar Ali Saifuddin III, sebesar US$ 40 miliar (sekitar Rp 530 triliun).

Setelah hampir setengah abad memimpin, harta keluarga itu perlahan berkurang. Tapi mungkin inilah yang disebut ‘kekayaan tak habis hingga tujuh turunan’. Dua tahun silam, seorang penulis menulis kekayaan bersih Sultan Bolkiah mencapai US$ 20 miliar atau sekitar Rp 261,5 triliun.

Jumlah itu menempatkannya sebagai raja ke dua terkaya sedunia. Angkanya dibawah Bumibol Adulyadej, Raja Thailand yang memiliki harta mencapai US$ 30 atau sekitar Rp 392 triliun. Namun dari deretan penguasa muslim, kekayaan Raja Brunei masih nomor wahid.

Aset Sultan Bolkiah tak hanya terhampar di dalam negeri. Melainkan juga tersebar di luar negara. Sebut saja rumah mewah di California, Amerika Serikat. Harganya mencapai US$ 48 juta atau sekitar Rp 627,7 miliar. Selain itu, ada pula aset di Las Vegas dan negara lainnya

Sultan Hassanal Bolkian adalah satu raja yang dermawan dan terkenal baiknya didunia. Untuk membantu rakyatnya, Sultan Bolkiah membentuk Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah (YSHHB) pada 5 Oktober 1992. Yayasan ini menyalurkan bantuan dalam berbagai bidang, mulai keagamaan hingga pendidikan.

Kemurahan hati Sultan Bolkiah tak hanya untuk rakyatnya saja. Bapak 12 anak itu juga kerap memberikan bantuan kepada warga di negara lain.

Lihat saja saat terjadi gempa dan tsunami tahun 2004 di Aceh. Sultan Bolkiah menjadi pemimpin negara pertama yang menjejakkan kaki di bumi Serambi Mekah itu. Sumbangan sebesar Rp 23,5 miliar degelontorkan sultan melalui yayasan yang dia bentuk. Dan hanya satu orang saja yang masuk dalam daftar orang kaya di Brunai Darussalam.

Baca Juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *