Daftar Orang Kaya di Arab Saudi

Daftar Orang Kaya di Arab Saudi

Posted by

Daftar Orang Kaya di Arab Saudi – Negara Arab adalah salah satu negara yang terletak asia barat. Dengan luas wilayah mencapai 2.331.000 km2 menyimpan banyak kekayaan alam seperti minyak bumi. Untuk sebagian besar penduduk di Arab Saudi berprofesi sebagai pengusaha minyak

Dalam waktu dekat-dekat ini Daftar orang kaya di Arab Saudi baru saja di keluarkan oleh Majalah Forbes. Sebagaimana kita ketahui, Kerajaan Arab Saudi adalah sebuah negara yang sangat kaya, dengan daftar orang yang sangat kaya di dalamnya. Namun, apakah Anda tahu siapa saja orang terkaya Arab Saudi kini? Mari kita lihat dibawah ini : 

1. Pangeran Alwaleed Bin Talal
Pangeran Alwaleed Bin Talal Bin Abdul-Aziz Al-Saud memuncaki daftar orang terkaya Arab Saudi. Pangeran Alwaleed bin Talal merupakan cucu dari pendiri kerajaan Arab Saudi, Raja Abdulaziz Al-Saud. Pangeran Alwaleed memiliki kekayaan  bersih sebesar $ 17,3 Miliar (sekitar 200 Triliun rupiah).

Sebagian besar bisnisnya dijalankan melalui Kingdom Holding Company. Pangeran Alwaleed bin Talal  memiliki latar belakang akademis yang kuat dan ia juga banyak mendapat gelar honoris causa (doktor kehormatan) dari berbagai universitas kelas dunia. Pangeran Talal memiliki cita rasa yang luar biasa akan arsitektur yang tercermin dari keindahan istananya; ia memiliki pesawat terbang dan ratusan mobil mewah.

2. Mohammed Al Amoudi
Muhammad Al-Amoudi menduduki tangga kedua daftar orang terkaya Arab Saudi. Nilai bersih asetnya mencapai  $ 8,3 Milyar Dolar.  Al-Amoudi adalah pemilik banyak perusahaan di Arab Saudi dan Ethiopia. Investasi besarnya di bidang konstruksi, bisnis pertanian dan energi. Ia punya andil besar di bidang konstruksi di Arab Saudi dan perusahaannya telah membangun banyak rumah sakit, mega kompleks  dan universitas di Kerajaan.

Al-Amoudi merupakan pemilik Perusahaan Minyak bernama Svenska dan kilang Preem. Namun, ia sangat peduli isu kemanusiaan dan dermawan yang murah hati. Dia bekerjasama dengan Clinton Global Initiative pada upaya memerangi  (HIV) AIDS di Afrika.

3. Pangeran Sultan bin Mohammed bin Saud Al Kabir

Pangeran Sultan bin Mohammed bin Saud Al Kabeer memiliki aset kekayaan bersih sebesar $ 3,4 Milyar. Pangeran Sulton merupakan salah satu anggota keluarga Kerajaan. Pangeran Sultan memiliki minat yang besar dalam peternakan. Perusahaan susunya, Almarai adalah salah satu perusahaan terbesar di Timur Tengah.

Almarai memiliki peternakan besar Holstein sapi dan susu yang disediakan di seluruh negara-negara Teluk. Pangeran Sulton juga memiliki sebuah peternakan kuda pejantan dan ia melatih sekitar 100 kuda pacu.

4. Muhammad Al Issa

Muhammad Al-Issa berada di urutan ke-4 di negara Arab Saudi dengan kekayaan bersih asetnya sebesar  $ 2,2 Miliar Dolar AS. Muhammad Al-Issa adalah seorang investor di pasar saham Kerajaan, dan diyakini menjadi salah satu Investor terbesar. Investasi terbesarnya adalah Riyadh Bank. Dia juga memiliki andil yang besar dalam Savola Group (yang merupakan salah satu prosesor item makanan terbesar di KSA) dan di Arab Hotel dan Resort Company.

Saudi Hotel dan Resorts, mengoperasikan dan memiliki dua Hotel Marriot di Riyadh dan banyak hotel lainnya di seluruh Kerajaan.

5. Saleh Kamel

Seorang miliarder berusia 75 tahun dari Jeddah, Saleh Kamel berada di nomor 5 dalam daftar orang terkaya Arab Saudi. Ia memiliki aset kekayaan bersih sebesar 1,85 Miliar Dolar AS. Kamel adalah pendiri dan CEO dari perusahaan bernama Dallah Albaraka.

Albaraka merupakan sebuah perusahaan yang bekerja di bidang  Produksi Pangan, Pengembangan perkebunan dan perbankan Islam. Al-Baraka mengoperasikan bank-bank Islam di Timur Tengah, Pakistan dan Indonesia. Bidang lainnya dijalankan anak perushaan Dallah di Kesehatan dengan menjalankan rumah sakit di Riyadh.

6. Abdullah Al Rajhi

Abdullah Al-Rajhi berfokus di bidang perbankan dan jaringannya diperkirakan mencapai aset sebesar  $ 1, 3 Milyar Dolar AS. Saat ini ia memiliki salah satu Bank Islam terbesar di dunia, bank Al-Rajhi.  Kelompok ini memegang investasi di Al Baraka Banking Group yakni di bidang  pertanian, perusahaan baja dan semen.

Inilah Keenam para miliader yang masuk dalam daftar orang kaya di Arab saudi yang berasal dari berbagai bidang usaha di negara Arab tersebut.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *