5 Orang Super Kaya yang Tidak Berikan Warisan ke Anak

5 Orang Super Kaya yang Tidak Berikan Warisan ke Anak – Tidak semua miliuner mau meninggalkan hartanya dan memberikan warisan kepada anak-anak mereka. Mereka malah memilih memakai harta mereka untuk disumbangkan ke badan amal.

Baca juga : John Collison, Miliuner Termuda Sejagat yang Terkenal Rendah Hati

Salah satunya contohnya adalah Mark Zuckerberg yang memilih menyumbangkan 99 persen hartanya ke badan amal. Ada pula Andrew Lloyd Webber yang lebih tertarik memakai harta warisan miliknya untuk proyek musikal.

Kebanyakan dari para miliuner tersebut memilih menyumbangkan harta mereka ke badan amal, atau tujuan lainnya agar berguna bagi masyarakat luas.

Dikutip dari Business Insider, berikut para miliuner yang tidak mewariskan uang ke anak-anak mereka seperti dikutip dari Business Insider:

1. Bill Gates

Seperti para miliuner kaya lainnya, Bill Gates turut doyan menyumbangkan hartanya. Tentunya itu tidak sulit mengingat hartanya mencapai USD 96,3 miliar (Rp 1.405 triliun).

Sulit untuk menjabarkan satu per satu hasil kedermawanan Bill Gates dan istrinya. Yang jelas, menurutnya dia tidak akan meninggalkan banyak harta ke anak-anak mereka. Menurutnya, hal itu malah bisa merugikan anak-anaknya.

2. Warren Buffett

Baru-baru ini, harta Warren Buffett sempat merosot karena kerap memberi sumbangan. Buffett memang tidak meninggalkan sepeser pun untuk anak-anaknya, tapi dia memberikan saham di Berkshire Hathaway untuk badan amal milik anak-anaknya.

Mayoritas harta Buffett akan disumbangkan ke Bill and Melinda Gates Foundation. Sejumlah hartanya juga akan diberikan pada Susan Thompson Buffett Foundation yang dia dirikan bersama mendiang istri pertamanya.

3. Michael Bloomberg

rang terkaya ke-11 versi Forbes ini memiliki harta USD 47,1 miliar (Rp 687,3 miliar). Dia secara terang-terangan berkata ingin menyumbangkan seluruh kekayaannya sebelum mati.

Mayoritas hartanya akan disalurkan ke Bloommberg Philanthropies. Kedua putri Bloomberg juga bekerja di ranah filantropis.

4. Pierre Omidyar

Alasan Pierre Omidyar untuk tidak mewariskan pada anak-anaknya bukan semata tidak ingin memanjakan saja. Menurutnya, dia telah memiliki cukup uang untuk keluarganya.

Total harta pendiri eBay ini terbilang fantastis, yakni di kisaran USD 1 miliar (Rp 147 triliun). Pada tahun 2010, dia menandatangani Giving Pledge, sebuah kampanye yang dibuat Warren Buffett dan suami-istri Gates untuk menarik orang super kaya untuk mendonasikan harta-harta mereka untuk aktivitas sosial.

5. George Lucas

Ayah dari Star Wars dan Indiana Jones ini memiliki harta sebesar USD 5,3 miliar (Rp 77,3 miliar) setelah menjual Star Wars ke Disney. Lucas mempunyai empat anak, tiga anak adopsi, dan dikarunai seorang putri dari pernikahan keduanya.

Namun, seorang juru bicara Lucas berkata bahwa mayoritas uangnya akan disalurkan untuk proyek-proek filantropis. George Lucas Educational Foundation juga didirikan untuk mendukung pendidikan anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *