Daftar Orang Terkaya Di Medan

Daftar orang terkaya di medan- Sangat penasaran sekali bukan dengan orang yang terkaya di medan dan Majalah Forbes merilis dua orang terkaya dari Sumatera Utara yakni Martua Sitorus dan juga Sukanto Tanoto. Bahkan, Beliau berdua tidak hanya terkaya di Medan tetapi juga masuk dalam orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Dan sampai sekarang beliau masih meneruskan bisnisnya.  Berikut adalah Daftar orang terkaya di medan.

1. Martua Sitorus

Martua Sitorus merupakan orang Batak keturunan Tionghoa bernama asli Thio Seng Hap lahir tahun 1960 di Pematang Siantar. Martua sendiri sudah beberapa kali masuk ke dalam daftar Majalah Forbes untuk 1.000 orang terkaya di dunia dengan posisi ke-316 dengan jumlah kekayaan hingga 3 miliar dolar AS. Walaupun berkebangsaan Indonesia dan khususnya berasal dari Sumatara Utara, sekarang Beliau menetap di Singapura.

Martua yang adalah sarjana ekonomi Universitas HKBP Nommensen ini memulai bisnisnya sebagai pedagang minyak sawit dan hingga membangun pabrik pengolahan minyak kelapa sawit. Sekarang, Martua memiliki bendera perusahaan bernama Wilmar International Limited yang memiliki sekitar 48 perusahaan!

2. Sukanto Tanoto

Sukanto Tanoto lahir pada tanggal 25 Desember 1949 di Belawan dan memiliki nama asli Tan Kang Hoo. Sukanto adalah pengusaha sukses yang dikenal sebagai pemilik Raja Garuda Mas International dimana kebanyakan usahanya bergerak di bidang agrikultur, mulai dari bubur kertas sampai dengan kelapa sawit. Tidak hanya itu, Beliau juga telah berinvestasi pada sekitar 10 negara lebih. Sukanto mengaku kalau dulu dia “banyak makan rotan” dari ibu dan hal inilah yang membentuknya menjadi tegas dan keras.

3. Tjong A Fie

Anda pasti sudah sering mendengar Tjong A Fie Mansion yang terletak di daerah Kesawan yakni Jalan Ahmad Yani. Tidak salah untuk memberi predikat orang terkaya di Medan bagi Tjong A Fie melihat berbagai kekayaan dan peninggalan yang diwariskan olehnya. Tjong A Fie konon memiliki Bank Kesawan, mengusai seluruh perkebunan yang ada di Sumatera dan juga membangun rel kereta api di China. Tidak hanya itu, Beliau juga dikenal luwes khususnya ketika menyelesaikan masalah dan perselisihan soal perkebunan. Hal inilah yang membuat Tjong A Fie diangkat pula oleh pemerintah Hindia Belanda menjadi “Kapitan Tionghoa”. Ada sisi dermawan dan mulia dari seorang Tjong A Fie, yakni ketika meninggal pada tahun 1926, dia telah membuat wasiat agar seluruh kekayaannya disumbangkan untuk masyarakat yang membutuhkan tanpa melihat agama, ras dan suku. Warisan Tjong A Fie juga terlihat hingga sekarang, terbukti dari rumahnya yang penuh sejarah yang terawat kokoh hingga sekarang.

Baca juga altikel tentang daftar orang kaya yang terdaftar di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *