Daftar Orang Paling Tajir Di Negara Thailand Versi Majalah Forbes

Daftar Orang Paling Tajir Di Negara Thailand Versi Majalah Forbes

Meskipun ekonomi Thailand tengah melandai lantaran adanya kudeta militer pada tahun lalu, tampaknya tidak menghalangi pemilik Chang Beer yakni Charoen Sirivadhanabhakdi untuk maraup laba. Keuntungannya dilaporkan meningkat dua digit dari pendapatan dan laba pada kuartal terakhir.

Meski situasi politik di Thailand belum stabil, namun kekayaan beberapa orang-orang kaya di negeri gajah putih ini masih bisa bertambah. Majalah Forbes kembali merilis daftar orang kaya di Thailand untuk tahun 2016 ini, dari rangkuman yang dilaporkan oleh majalah Forbes ini, orang kaya di Thailand berasal dari berbagai sektor perdagangan yang membuat mereka bisa masuk dalah daftar orang terkaya di Thailand untuk tahun lalu.

Majalah forbes telah mendeteksi dan merilis data orang terkaya di Negara Thailand tahun ini, Dhanin Chearavanont terpaksa harus terlempar dari posisi wahid orang terkaya di Thailand setelah 4 kali menyandang gelar orang terkaya di Thailand.

1. Krit Ratanarak
Kekayaan mencapai : US$ 5,1 Miliar
Jenis Usaha : Media dan Real Estate
Usia : 68 tahun

Meskipun pasar iklan sedang lesu, raja media Krit Ratanarak mendapat suntikan kekayaan setelah Mitsubishi UFJ Financial Group Jepang mengakuisisi saham pengendali di Bank of Ayudhya, di mana ia memegang 16% saham di perusahaan tersebut.

Saham media miliknya, Bangkok Broadcasting & TV, yang beroperasi populer di Channel 7 baru-baru ini mendapat lisensi untuk saluran digital baru, ini adalah aset terbesar milik keluarga Krit. Grup Siam City Cement, produsen semen terbesar kedua Thailand, didirikan oleh almarhum ayah Chuan.

2. Chalerm Yoovidhya
Kekayaan mencapai : US$ 9,9 Miliar
Jenis Usaha : Minuman
Usia : 63 tahun

Chalerm Yoovidhya, anak tertua dari almarhum pendiri Red Bull Chaleo dan saudaranya Saravoot, yang merupakan managing director Red Bull, menempati posisi keempat orang terkaya di Thailand. Dia punya 49% saham di perusahaan tersebut. Untuk pertama kalinya, Chalerm mencetak rekor penjualan mendekati US$ 7 miliar, atau naik lebih dari US$ 1,5 miliar pada 2013.

3. Charoen Sirivadhanabhakdi

Kekayaan mencapai : US$ 11,3 Miliar
Jenis Usaha : Minuman
Usia : 70 tahun

Pengusaha Beer, Charoen Sirivadhanabhakdi, sekaligus pemilik mal mewah populer Asiatique, menunda rencana untuk membangun proyek lain yang serupa karena dampak ketidakpastian ekonomi. Kekayaan anak seorang pedagang jalanan di Bangkok ini menurun akibat pangsa pasar penjualan minumannya Chang Beer juga ikut turun. Untungnya, Charoen masih punya perusahaan properti dan minuman yang merupakan induk usahanya-nya yang terdaftar di Singapura yaitu Fraser & Neave.

4. Dhanin Chearavanont
Kekayaan mencapai : US$ 11,5 Miliar
Jenis Usaha : Makanan
Usia : 75 tahun

Dhanin Chearavanont tergeser dari posisi orang terkaya di Thailand yang telah disandangnya selama 4 tahun berturut-turut. Kali ini, Dhanin menduduki peringkat kedua orang terkaya di Thailand. Di tahun 2013, dia telah mengakuisisi perusahaan asuransi asal China, Ping An sebesar US$ 16 miliar. Kekayaan Dhanin turun sebesar US$ 1,1 miliar karena penurunan harga saham Ping An yang dijadikan jaminan atas utang-utangnya.

Selain itu, perusahaan patungan agribisnis konglomerat milik Dhanin yaitu Charoen Pokphand Group dengan China SAIC Motors meluncurkan MG mobil klasik Inggris di tengah perlambatan sektor otomotif. Hal ini juga ikut menekan kekayaannya.

5. Chirathivat Family
Kekayaan mencapai : US$ 12,7 Miliar
Jenis Usaha : Ritel, Real Estate
Domisili : Bangkok, Thailand

Kekayaan keluarga Chirathivat merangkak mencapai posisi nomor 1 untuk pertama kalinya di Thailand, didukung oleh pertumbuhan 27% pendapatan Grup Central mereka sebesar US$ 7 miliar pada 2013. Central Retail merupakan pengecer terbesar di negara itu, yaitu perusahaan yang dijalankan oleh Tos Chirathivat, cucu dari pendiri kelompok perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *