Daftar Orang Kaya Yang Memiliki Bisnis Tapi Jatuh Miskin

Daftar Orang Kaya Yang Memiliki Bisnis Tapi Jatuh Miskin

Banyak orang mengira harta berlimpah akan sulit untuk membuat seseorang jatuh miskin. Padahal hal tersebut mungkin saja bisa terjadi. Contohnya orang terkaya yang mempunyai bisnis tetapi jatuh miskin.  Walau telah mampu mengumpulkan kekayaannya yang berlimpah, mereka ternyata harus rela kekayaannya habis akibat utang yang terlalu banyak dan kebiasaan pengeluaran yang tidak baik.

Kesalahan finansial yang mereka lakukan cukup beragam tentunya, dan pastinya cukup fatal. Wong hartanya saja bisa kekuras habis. Intinya, kamu bakal dapat pelajaran besar dari kisah tujuh orang kaya yang jatuh miskin ini. So, penasaran dengan sosok mereka? Ini dia ulasannya.

1. Kim Dotcom

 Kim Dotcom

Apakah anda pernah menggunakan layanan mengaupload! Layanan ini didirikan oleh seorang pria yang bernama Kim Schmitz alias Kim Dotcom. Keuntungan yang ia dapatkan dari layanan tersebut cukup besar bahkan kekayaan pria berubuh gemuk ini bisa mencapai 200 Juta dolar Amerika Serikat (AS).

Pada tahun 2002, Kim mendapatkan masalah yang cukup besar dimana ia diciduk Interpol atas tuduhan memfasilitasi praktik pembajakan dan pencurian hak cipta. Setelah diusut-usut, Kim sendiri punya catatan kriminal pada era 1990 silam.

Ia juga pernah melakukan peretasan jaringan komputer pentagon dan NASA. Selain itu, dia juga pernah memalsukan banyak transaksi kartu kredit. Dengan akibat yang ia perbuat, Usai terciduk oleh interpol, aset-aset Kim seperti rumah mewahnya pun ikutan disita.

2. Eike Batista

Eike Batista

Eike Batista sempat dijuluki sebagai orang terkaya di Brazil tahun 2012. Bisnis yang dilakoni adalah tambang emas dan perak. Selain di Brazil, Batista juga sempat masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia.

kekayaan Batista mencapai Rp 457 miliar dan dia punya enam perusahaan. Tapi semua harta itu habis ketika dia dikabarkan terlibat dalam kasus suap terkait kepentingan bisnisnya dengan pemerintah setempat. Ia juga dikabarkan terlilit utang, sehingga hartanya pun habis. Aset-asetnya seperti pesawat pribadi, kapal, dan properti turut disita Pemerintah Brazil.

3. Sean Quinn

Sean Quinn

Sean Quinn adalah orang terkaya di Irlandia. Kekayaannya mencapai 6,5 miliar Dolar AS pada tahun 2008. Quinn mengelola sebuah perusahaan keluarga yang bergerak di bidang manufaktur bernama Quinn Group. Perusahaan itu  didirikan pada 1973 dan bermarkas di Irlandia Utara.

Sejak 2004, Quinn Group sudah melakukan ekspansi ke Eropa. Mereka punya pabrik di Inggris, Jerman, Belgia, Prancis, Spanyol, dan Slovakia. Sean Quinn membuat kesalahan dengan menginvestasikan 25 persen dari total kekayaannya ke Anglo Irish Bank, sebelum krisis ekonomi di AS. Investasi itupun berujung malapetaka, karena krisis ekonomi di AS menghantam Eropa. Akhirnya Anglo Irish Bank pun bangkrut. Untuk menyelamatkan diri, Quinn justru mengelabui publik dengan cara melepas seluruh perusahaan miliknya ke rekan-rekannya demi menghindari pajak. Quinn akhirnnya dipenjara pada Januari 2013.

4. Bjorgolfur Gudmundsson

Bjorgolfur Gudmundsson

Pria satu ini adalah salah satu mantan yang pernah masuk di dalam daftar orang terkaya di islandia. Sekaligus mantan pemilik klub bola ternama di Inggris, Westham United FC dan Bank Landsbanki. Dengan kekayaannya yang sebesar 1,1 miliar Dolar AS pada 2009, dia menempati posisi 1.014 orang terkaya di dunia versi Forbes.

Gudmundsson terlibat dalam insiden penggelapan dana dan penipuan yang mereka lakukan terhadap para nasabah Bank Landbanksi. Hal itu membuat kakek kelahiran 1941 silam ini masuk penjara. Pada desember 2009 kekayaan Gudmundsson dikabarkan merosot hingga 0 Dolar AS. Dan pada Juli 2009, Gudmundsson dinyatakan bangkrut oleh pengadilan Islandia. Utangnya sendiri mencapai 500 juta Poundsterling.

5. Allen Stanford

Allen Stanford

Allen Stanford merupakan salah satu pria pemilik perusahaan jasa keuangna bernama Stanford Financial Group. Pada tahun 2012, ia memiliki hutang hingga 7 miliar Dalar AS dan ia juga mendapatkan hukuman di penjara selama 110 tahun.

6. Albert Vilar

Albert Vilar

Vilar adalah seorang pendiri perusahaan investasi bernama Amenrindo. Perusahaan itu didirikan olehnya bersama rekan-rekannya pada tahun 1979 silam. Pada 2008, kekayaan Vilar dipastikan mencapai 950 juta Dolar AS. Tapi keterlibatannya dalam insiden pencucian uang, penipuan investasi, dan sekuritas, jelas mengantarkannya ke jurang kebangkrutan.

Dikabarkan ia mendanai banyak organisasi dan dengan kegiatannya yang bergerak di bisang keseniaan seperti Washington National Opera, Salzburg Festival, dan lainnya. Tapi dana yang dia berikan ternyata berasal dari penipuan. Vilar pun dijatuhi hukuman penjara sembilan tahun pada 5 Februari 2010.  Di tahun 2012, mereka pun dibebaskan dengan jaminan tapi keputusan pengadilan justru makin pahit. Hukuman Vilar yang awalnya sembilan tahun ditambah jadi 10 tahun.

Baca Juga: Daftar Orang Terkaya Yang Pernah Gagal Dan Bangkit Lagi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *