Daftar Orang Kaya di Turki

Daftar Orang Kaya di Turki

Posted by

Daftar Orang Kaya di Turki Negara bagian di Timur Tengah ini sangat termasyhur dengan desain khas yang megah dan mewah. Tak hanya itu, Turki menjadi sebuah negara yang banyak sekali merekam jejak sejarah peradaban di dunia. Sejarah-sejarah besar banyak sekali terukir di kota ini. Meski kini Turki menjadi negara dengan mayoritas agama Islam, berikut beberapa orang terkaya di negara tersebut:

1. Husnu Ozyegin

Husnu Ozyegin memiliki FIBA dan Fina Holding, yang berinvestasi di bidang keuangan, ritel, real estate, energi, galangan kapal dan pelabuhan layanan. Pada tahun 2014 ia membuat investasi pertama di sektor kesehatan dan menjadi mitra 50% di Rumah Sakit Florence Nightingale. Pada Juli 2014,ia membeli Tekirova Resort liburan di Antalya dari Grup Rixos. Perkembangan kekayaandengan total $300.000.000,- ia bangun di Cina, Star Mall Shenyang Plaza, dibuka pada Mei 2014. Namun, sumber utamanya kekayaan adalah perbankan. Dia adalah pendiri Finansbank yang ia dijual ke Yunani National Bank of Greece (NBG) sebesar USD2,5 miliar dolar AS pada tahun 2006.

2. Serra Sabanci

Serra Sabanci adalah anggota dewan dan pemegang saham Turki konglomerat industri dan keuangan terbesar, Sabanci Holding. Sabanci juga anggota dewan filantropis Sabanci Yayasan keluarganya. Ayahnya Ozdemir Sabanci ditembak mati di kantornya Sabanci Towers di Istanbul pada tahun 1996 oleh pembunuh bayaran oleh kelompok bersenjata sayap kiri DHKP-C.

Wanita berusia 41 tahun ini sebagai komisaris dan pemegang saham dari Sabanci Holdings, perusahaan industri dan finansial di Turki, Serra Sabanci merupakan salah satu wanita miliarder termuda di dunia dan orang terkaya ke-28 di Turki.Sabanci lulus sarjana dari University of Portsmouth dan dari Fakultas Ekonomi di Istanbul Bilgi University. Dari perusahaan ini, dia memiliki kekayaan sebesar USD 1,3miliar.

3. Murat Ulker

Murat Ulker lahir 21 Maret 1959 adalah seorang pengusaha Turki,ketua perusahaan makanan terbesar di Turki, Yildiz Holding.Untuk meningkatkan prospek kelompok dengan menyatukan aset globalnya termasuk Ulker Biskuit, Demet Candy, Godiva dan United Biscuits menjadi perusahaan baru yang disebut Pladis. Restrukturisasi, yang diharapkan akan selesai pada akhir 2016, mungkin menjadi awal IPO. Sementara itu dia divestasi aset minumannya denganmenjual produsen susu Ak Makanan untuk Perancis Groupe Lactalis untuk hampir $ 1 miliar.DenganPeringkatke 369orang terkaya di dunia serta jumlah kekayaan senilai USD 2,9miliar.

4. Mehmet Emin Karamehmet

Mehmet Emin Karamehmet lahir April 1944 adalah seorangkonglomerat.Mehmet Emin Karamehmet adalah pemilik Cukurova Holding, yang memiliki kepentingan dalam kemasan, bahan kimia, keuangan, konstruksi dan telekomunikasi. Sebagian besar kekayaannya terkait dengan Turkcell, operator telepon seluler terbesar di Turki, yang diperdagangkan di NYSE.Total kekayaan Mehmetya itu sebanyak USD 1,6miliar.

5. Sarik Tara

Total kekayaan USD 2,1miliar. Sarik Tara datang ke Turki dari Makedonia ketika ia baru berusia 12 tahun dan kemudian mendirikan Enka Construction, sekarang menjadiperusahaan konstruksi terbesar di Turki dengan kepentingan di bidang teknik, produksi energi, investasi real estate, manajemen dan perdagangan. Hal ini juga didapatdariprodusen listrik swasta terbesar Turki lebih dari setengah dari pendapatan perusahaan berasal dari produksi listrik. Putranya, Mehmet Sinan Tara, sekarang jugamenjadiseorang konglomerat dan juga miliarder.

6. Ferit Fait Sahenk

Ferit Sahenk adalah Ketua Turki DOGUS, menyandang konglomerat dan orang terkaya di Turki, dengan kekayaan pribadi diperkirakan mencapai USD 2,4 miliar. Sahenk lulus dari The American School di Swiss (TASIS) dan memperoleh Sarjana dari Boston College, Boston, Massachusetts, AS dengan gelar dalambidang Pemasaran dan Sumber Daya Manusia pada tahun 1989. Setelah lulus, Sahenk kembali ke Istanbul, di mana ayahnya, Ayhan ┼×ahenk ( 1929-2001), mengirimnya magang di DOGUS Garanti Bank.

Setelah delapan tahun ia pindah ke perusahaan induk, dan mulai tahun 1998, dia telah mengakuisisi dua rantai ritel makanan dan dioperasikan NTV dengan mendanai ekspansi dengan menjual bagian dari kelompok Garanti Bank kepada publik. Memahami bahwa bakat adalah penting untuk menjalankan berbagai kelompok, ia juga menciptakan sebuah divisi rekrutmen, Humanitas. Pendapatan untuk tahun 1999 di swasta DOGUS Grup mencapai USD 5,7 miliar. Pada bulan Mei 2000, ia dilembagakan operasi back-office terpusat untuk beberapa bank DOGUS dan melakukan hal yang sama untuk dealer auto.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *