Daftar Orang Kaya di Benua Hitam

Daftar Orang Kaya di Benua Hitam

Posted by

Daftar Orang Kaya di Benua Hitam Afrika terkenal sebagai benua dengan sejumlah negara miskin. Padahal benua ini kaya akan sumber daya alam, seperti platinum, emas, dan berlian. Mau tahu siapa orang terkaya di benua hitam ini?

Dikutip dari Therichest, kekerasan, perang, korupsi, serta penyakit menjadi masalah yang seringkali terjadi di benua ini. Mungkin kita akan penasaran, apa usaha atau bisnis yang dilakukan oleh orang-orang terkaya di Afrika ini.

Berikut kita lihat profil orang-orang terkaya di Afrika.

1. Aliko Dangote

Pria berumur 56 tahun ini merupakan CEO Dangote Group, perusahaan yang bergerak di sektor industri semen, gula, dan tepung terigu. Dangote baru saja mengumumkan akan membangun pabrik semen baru di Kenya dan Niger. Perusahaan milik Dangote beroperasi di 8 negara Afrika.

Mei lalu, Dangote mengatakan bakal membangun kilang minyak dan petrokimia senilai US$ 9 miliar atau Rp 90 triliun. Bila ini terealisasi, maka bakal menjadi kilang petrokimia pertama di Nigeria, dan terbesar di Afrika.

Jumlah kekayaan Dangote adalah US$ 20,8 miliar atau Rp 208 triliun pada November.

2. Johan Rupert

Pria 63 tahun asal Afrika Selatan ini memiliki kekayaan US$ 7,9 miliar atau Rp 79 triliun per November 2013. Jenis usaha yang ditekuni Rupert adalah berjualan barang-barang mewah.

Dalam setahun ini, jumlah kekayaan Rupert naik US$ 2 miliar atau Rp 20 triliun, karena kenaikan saham perusahaan penjual barang mewah di Swiss yang dimilikinya.

3. Nicky Oppenheimer

Pria berumur 68 tahun asal Afrika Selatan ini mempunyai harta kekayaan US$ 6,6 miliar atau Rp 66 triliun hingga November 2013. Bisnis yang dijalani Oppenheimer adalah berlian, lewat perusahaan keluarga yang dijalankannya yaitu DeBeers.

Juli 2012, Oppenheimer pernah menjual 40% saham perusahaan tersebut senilai US$ 5,1 miliar atau Rp 51 triliun secara tunai.

4. Nasef Sawiris

Pria asal Mesir berusia 52 tahun ini memiliki kekayaan US$ 5,9 miliar atau Rp 59 triliun per November 2013. Nawiris merupakan CEI dari Orascom Construction Industries (OCI) yang bergerak di sektor konstruksi. Pada Januari 2013 OCI mendapatkan komitmen investasi US$ 2 miliar, termasuk US$ 1 miliar dari Bill Gates, dan 3 investor besar asal AS.

5. Mike Adenuga

Pria berumur 60 tahun ini memiliki kekayaan US$ 4,6 miliar atau Rp 46 triliun per November 2013. Adenuga meraup kekayaan lewat bisnis minyak dan telekomunikasi.

Perusahaan telekomunikasi miliknya yaitu Globacom, saat ini mempunyai 25 juta pelanggan di Nigeria dan Republik Benin. Lulus dari kuliah dari AS, Adenuga memulai bisnis di Nigeria dengan menjadi penyalur minuman termasuk Coca-Cola. Bisnisnya terus berkembang hingga jadi juragan minyak dan telekomunikasi.

6. Christofel Hendrick Wiese

Pria berumur 72 tahun ini memiliki harta US$ 3,8 miliar atau Rp 38 triliun. Wiese mengumpulkan kekayaan dari penjualan bahan makanan dan furnitur.Lewat Shoprite Holdings, Wiese juga melakukan bisnis fesyen lewat Pepkor. Dia juga melakukan investasi di berbagai bidang. Kekayaan Wiee di 2013 lalu bertambah US$ 100 juta atau Rp 1 triliun.

7. Isabel Dos Santos

Wanita ini memiliki kekayaan US$ 3,7 miliar atau Rp 37 triliun tahun lalu, naik dari US$ 2,8 miliar atau Rp 28 triliun pada 2012 lalu. Isabel adalah anak dari Presiden Angola Jose Eduardo Dos Santos.

Isabel merupakan miliuner termuda di Afrika. Desember lalu, dia merayakan pernikahannya yang ke-7 tahun dengan suaminya. Pesta ini dilakukan selama 3 hari berturut-turut.

8. Issad Rebrab

Pria berumur 70 tahun asal Algeria ini memiliki kekayaan US$ 3,2 miliar atau Rp 32 triliun. kekayaan Rebrab didapat dari perusahaan yang dipimpinnya, yaitu Cevital. Perusahaan ini bergerak di sektor pangan, dan merupakan perusahaan keluarga terbesar di Algeria.

Awalnya, Rebrab mengumpulkan harta kekayaan dari investasi di industri logam, dan kemudian mengalihkan semua modalnya ke sektor pangan.

9. Mohammed Mansour

Pria asal Mesir ini memiliki kekayaan U$ 3,1 miliar atau Rp 31 triliun. Mansour merupakan mantan menteri transportasi Mesir yang hartanya naik tinggi tahun lalu, dari hartanya di 2012 yang jumlahnya US$ 1,7 miliar atau Rp 17 triliun.

Lulus dari pendidikan di AS, Mansour menjalankan bisnis keluarganya yaitu Mansour Group yang merupakan perusahaan multinasional di Afrika hingga Rusia. Salah satu saudara kandung Mansour, yaitu Yasseen terjegal kasus korupsi.

10. Othman Benjelloun

Pria berumur 81 tahun ini berasal dari Maroko dan memiliki kekayaan US$ 2,8 miliar atau Rp 28 triliun. Benjelloun mengumpulkan hartanya lewat usaha di bidang asuransi dan bank lewat perusahaan yang dipimpinnya, yakni bank BMCE.

Perusahaan Benjelloun berekspansi hingga Paris, Prancis. Dari sinilah Benjelloun bisa mengumpulkan kekayaannya.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *