Daftar Orang Kaya di Afrika

Daftar Orang Kaya di Afrika

Posted by

Daftar Orang Kaya di Afrika – Majalah ekonomi terkemuka dunia, Forbes, kembali melansir 50 orang terkaya di Afrika. Total kekayaan 50 orang kaya di benua hitam itu mencapai US$103,8 miliar.

Miliarder asal Nigeria, Aliko Dangote, masih bertahan selama tiga tahun berturut-turut di daftar teratas orang terkaya Afrika. Kekayaannya mencapai US$20,8 miliar atau meningkat US$8,8 miliar dibanding November tahun lalu.

Tahun ini, terdapat sembilan orang kaya baru yang masuk dalam daftar Forbes itu. Kekayaan sembilan orang kaya baru itu melonjak, karena kenaikan harga saham, transaksi perdagangan minyak baru, dan banyaknya aksi merger serta akuisisi besar.

Laman Forbes pada Kamis 14 November menyebutkan, Tanzania menjadi negara asal orang kaya baru yang paling banyak masuk daftar orang terkaya di Afrika. Jumlahnya mencapai tiga orang.

Berikut profil singkat sembilan orang kaya baru di Afrika itu:

1. Issad Rebrab

Orang kaya baru yang masuk dalam daftar Forbes pada tahun ini, yakni Issad Rebrab asal Aljazair. Dia menjadi miliarder pertama di negaranya.

Perusahaan miliknya yang bernama Cevital Group pada tahun lalu memiliki pendapatan sebesar US$3,5 miliar. Perusahaan itu memproduksi gula, minyak, dan margarin.

Rebrab berhasil membangun bisnis di negara yang menganut kebijakan sosialis, yang biasanya pengusaha akan kesulitan mengembangkan bisnisnya.

2. Vimal Shah

Vimal Shah asal Kenya Mongol menjadi orang terkaya di Afrika Timur dengan kekayaan mencapai US$1,6 miliar. Ayah dan kakaknya saat ini mengawasi kilang minyak Bidco, produsen minyak nabati yang menguasai Afrika Timur dan Afrika Tengah.

Pendapatan tahunan perusahaan ini melebihi US$500 juta. Bidco juga memproduksi baking powder dan sabun kecantikan yang dijual di 14 negara Afrika.

Vimal Shah juga menjadi investor pembangunan Tatu City, kota satelit modern senilai US$3 miliar yang akan dibangun di pinggiran Nairobi.

3. Aziz Akhannouch

Pendatang baru lainnya adalah Aziz Akhannouch. Pria asal Maroko ini memiliki kekayaan US$1,4 miliar. Dia memiliki saham di Akwa Group, perusahaan yang didirikan ayahnya. Perusahaan itu memperdagangkan gas, oksigen, bisnis media, pembangunan real estate, dan hotel.

Akhannouch saat ini menjabat Menteri Pertanian dan Perikanan. Sementara itu, istrinya, Salwa Idrissi, memiliki perusahaan yang mengembangkan rumah mewah, mal, dan pemegang franchise merek fashion seperti Gap GPS +1.2% dan Zara.

4. Rostam Azizi

Miliarder baru Rostam Azizi, generasi kelima Tanzania asal Persia, memiliki kekayaan US$1 miliar. Aset utama yang dimilikinya adalah 35 persen saham di Vodacom Tanzania, perusahaan telekomunikasi terbesar di Tanzania yang memiliki lebih dari 9,5 juta pelanggan.

Dia juga memiliki pertambangan Caspian, kontrak pertambangan, dan saham minoritas di terminal kontainer Tanzania yang dikendalikan Hutchison Whampoa. Azizi juga memiliki usaha real estat di Dubai dan Oman.

5. Reginald Mengi

Reginald Mengi, juga berasal dari Tanzania, menjadi orang terkaya kedua di Afrika yang memiliki media setelah Koos Bekker asal Afrika Selatan. IIP Grup, perusahaan milik Mengi mempunyai 11 surat kabar nasional, 3 televisi, dan 10 stasiun radio.

Aset lain yang dimiliki Mengi yakni tambang emas, beberapa konsesi pertambangan, dan pabrik pembotolan Coca-Cola. Kekayaan yang dimilikinya diperkirakan US$550 juta.

6. Stephen Saad

Stephen Saad, orang terkaya asal Afrika Selatan yang memiliki kekayaan US$525 juta. Aspen Pharmacare, sebuah perusahaan farmasi miliknya yang memproduksi obat-obatan mempunyai 17 pabrik yang tersebar di beberapa negara benua Afrika, Australia, Meksiko, Brasil, dan Jerman.

7. Dewji

Dewji asal Tanzania menjadi salah satu pengusaha muda yang paling sukses di Afrika. Dia menjadi CEO di METL, perusahaan besar yang bergerak di bidang distribusi, tekstil, manufaktur, pertanian, dan real estate. Dewji diperkirakan memiliki kekayaan US$500 juta.

8. Femi Otedo

Femi Otedo, mulai masuk dalam daftar orang kaya Forbes pada 2009. Kenaikan 1.100 persen pada harga saham perusahaan distribusi bensin dan minyak pada tahun lalu memicu kekayaannya menjadi US$410 miliar.

9. Tunde Folawiyo

Tunde Folawiyo, menjadi satu dari dua orang kaya baru asal Nigeria yang masuk dalam daftar orang terkaya di Afrika. Dia adalah Managing Director Yinka Folawiyo Grup, perusahaan yang memiliki bisnis perkapalan, perbankan, konstruksi, pertanian, dan perdagangan energi. Kekayaan Tunde mencapai US$400 juta.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *