6 Orang Kaya di Dunia yang Menjabat Sebagai Presiden atau Perdana Menteri

6 Orang Kaya di Dunia yang Menjabat Sebagai Presiden atau Perdana Menteri – Menjadi orang kaya di dunia tak lantas membuat enam tokoh ini kehilangan semangat nasionalismenya. Mereka pernah atau bahkan malah masih menjadi orang nomor satu di negaranya, entah itu sebagai presiden ataupun perdana menteri.

Baca juga : 3 Orang Kaya Indonesia Yang Gemar Memberikan Donasi Secara Besar-besaran

Menjadi pengusaha sekaligus kepala pemerintahan di sebuah negara pastilah bukan hal yang mudah. Bisa jadi hal itu akan menyita waktu beristirahat.

Penasaran dengan enam orang kaya di dunia yang pernah menjadi orang nomor satu di negaranya? Simak ulasannya.

1. Silvio Berlusconi

Kekayaan pria yang sering didera skandal seks ini mencapai US$ 6,9 miliar setara dengan Rp 98 triliun. Biar kata banyak kontroversi, Berlusconi udah menjabat sebagai Perdana Menteri Italia sebanyak tiga kali.

Berlusconi pertama kali masuk ke kantor PM Italia pada 1994 hingga 1995. Tahun 2001 dia kembali terpilih buat periode kedua yang berlangsung hingga 2006. Pada 2008 dia kepilih lagi lho, dan menjabat hingga 2011.

Berlusconi gak lahir kaya, namun gak juga miskin. Ayahnya adalah karyawan bank dan ibunya adalah ibu rumah tangga. Pendidikannya pun berjalan lancar hingga dia berhasil kuliah di fakultas hukum.

Sebelum menjadi seorang taipan media di negaranya, mantan Presiden klub bola AC Milan ini sempat jadi musisi yang ngamen di kapal pesiar.

Bisnis pertama yang digeluti Berlusconi adalah konstruksi. Di penghujung, 1960 Berlusconi kecipratan proyek pembangunan 4 ribu apartemen di bagian timur Kota Milan. Lambat laun, dia pun berhasil tajir karena proyek-proyek properti tersebut.

Gak cuma sampai di situ, Berlusconi akhirnya mengembangkan sayap usahanya dengan mendirikan stasiun TV kabel bernama TeleMilano pada 1973. Perusahaan itulah yang menjadi makin tertarik untuk berkecimpung di dunia media.

Singkat cerita pada 1978, dia mendirikan Finivest , perusahaan media pertamanya. Saat ini, dia pun menjadi pemilik perusahaan yang menjadi holding dari tiga televisi nasional. Dia juga menguasai Mondadori, perusahaan penerbit terbesar di Negeri Pizza. Banyak juga ya bisnisnya.

2. Donald Trump

Donald Trump emang menjadi satu-satunya presiden miliuner pertama dalam sejarah Amerika Serikat. Dalam informasi yang disajikan Forbes, kekayaan Trump disinyalir mencapai US$ 3,1 miliar atau setara dengan Rp 44 triliun pada Juni 2018.

Meski demikian, kamu harus tahu nih bahwa kekayaan Trump sebenarnya udah merosot jauh. Sebagai orang kaya di dunia, Trump masuk ke urutan ke-766.

Bisnis yang digeluti Trump cukup beragam, tapi yang cukup berpengaruh adalah properti dan media. Dia juga punya lapangan golf lho.

Pria keturunan Jerman dan Skotlandia ini lahir di Queens, New York, 1946 silam. Ayah Trump adalah seorang pengembang properti ternama di New York, dan Trump muda pun pernah bekerja membantu sang ayah sebelum akhirnya sukses di bisnis yang sama.

Usai naik jadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam, dia meminta dua putranya Don Jr dan Eric buat melanjutkan bisnis keluarganya.

3. Thaksin Shinawatra

Mantan Perdana Menteri Thailand yang kini tinggal Dubai ini adalah salah satu orang terkaya di dunia dengan total kekayaan US$ 1,86 miliar atau setara dengan Rp 26 triliun. Di negaranya sendiri, Thaksin adalah orang terkaya urutan ke-19.

Bisa dibilang masa kecil Thaksin cukup keras. Dia adalah imigran dari Cina yang berusaha berjuang menjadi seorang pengusaha. Thaksin sendiri adalah anak pertama dari 10 bersaudara.

Thaksin dulunya adalah seorang polisi lho, tapi dia juga berbisnis. Dia dan istrinya memiliki toko dan penyewaan apartemen. Bisnisnya pun sempat mengalami jatuh bangun hingga akhirnya dia mundur dari kepolisian pada 1987.

Singkat cerita, Thaksin berhasil mencicipi kesuksesan lewat bisnis telekomunikasi dan perdagangan saham.

Di tahun 1994, dia akhirnya memutuskan buat terjun ke politik dan berhasil menduduki kursi perdana menteri pada 2001 hingga 2006. Meski demikian, pemerintahan Thaksin dinilai kotor. Dia pun dituduh mengemplang pajak, menghina Raja Bhumibol, dan menjual aset negara ke luar negeri.

Thaksin pun dituduh menutup-nutupi aset pribadinya ketika menjabat sebagai PM. Beberapa kudeta sempat berlangsung di Thailand yang ditujukan buat menggulingkan dirinya.

4. Rafic Hariri

Pria yang pernah menduduki kursi Perdana Menteri Lebanon selama dua periode ini juga merupakan salah satu orang kaya di dunia. Terhitung pada tahun 2005, kekayaan Hariri disinyalir mencapai US$ 10 juta atau Rp 143 miliar.

Putri termuda Hariri, Hind Hariri, juga sempat menduduki posisi 562 orang terkaya di dunia. Hartanya gak lain dan gak bukan ya dari warisan sang ayah.

Sumber kekayaan pria yang tewas terbunuh karena bom ini berasal dari konstruksi, properti, dan telekomunikasi. Sebelum aktif di politik, Hariri merupakan seorang profesional.

Dia bekerja di Arab Saudi pada 1965 silam hingga akhirnya mendapat kewarganegaraan di negeri penghasil minyak itu. Waktu udah punya uang banyak, dia akhirnya pulang kampung dan mendirikan perusahaan konstruksi.

5. Sebastian Pinera

Presiden Chile ini memiliki total kekayaan sebesar US$ 2,8 miliar atau setara dengan Rp 40 triliun. Asal kamu tahu nih, orang kaya di dunia ini udah pernah jadi kepala negara dan kepala pemerintahan negara Amerika Latin itu pada periode 2010 hingga 2014, dan terpilih lagi tahun lalu.

Sumber kekayaan Pinera berasal dari perusahaan kartu kredit bernama Bancard yang didirikan pada 1976 silam. Dia juga pernah menjual saham televisi bernama Chilevision dengan nilai US$ 150 juta.

Sebelum jadi tajir, Pinera adalah seorang guru besar Fakultas Ekonomi di Universitas Chile pada 1971 hingga 1978. Pinera juga berasal dari keluarga yang cukup terhormat, ayahnya adalah Duta Besar Chile buat Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dan Pinera sendiri lahir di New York, Amerika Serikat.

Di Chile, Pinera masih duduk sebagai orang terkaya urutan ke lima lho.

6. Bidzina (Boris) Ivanishvili

Namanya mungkin kurang familiar, tapi dia adalah orang terkaya di Georgia yang pernah menjabat sebagai perdana menteri pada 2012 hingga 2013. Total kekayaannya mencapai US$ 4,6 miliar atau Rp 65 triliun. Dari kekayaan itu Ivanishvili masih terdaftar dalam 500 besar orang terkaya di dunia versi Forbes.

Sumber kekayaannya berasal dari pabrik baja dan perusahaan perbankan yang berbasis di Rusia. Padahal nih, Georgia dan Rusia itu musuhan lho. Bahkan mereka sempat berperang.

Ketika Ivanishvili naik ke tampuk pemerintahan, sempat bermunculan kabar bahwa hubungan kedua negara itu bakal membaik.

Pria ini lahir dari keluarga miskin di Chorvilla, Georgia. Bapaknya adalah buruh pabrik mangan, namun dia berhasil kuliah di Universitas Tblisi Jurusan Teknnik Industri dan Ekonomi.

Itulah enam orang kaya di dunia yang berhasil jadi orang nomor satu di negaranya. Tentunya nomor satu dalam pemerintahan.

Kira-kira kalau emang udah jadi orang kaya di dunia seperti mereka, apakah kamu masih pengin terjun ke politik buat ngurusin negara?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *