5 Orang Terkaya Di Indonesia Yang Memiliki Pesawat Pribadi

5 Orang Terkaya Di Indonesia Yang Memiliki Pesawat Pribadi

Menjadi orang kaya digambarkan sebagai orang yang hidup serba berkecukupan dan apapun yang diinginkan bisa selalu tersedia. Namun orang terkaya bukan hanya di luar negri saja tetapi di dalam negri seperti indonesia juga memiliki banyak orang terkaya yang terisi didalamnya. Dimana orang kaya ini menjadi sukses dan kaya raya di Negaranya.

Di bawah ini ada lima nama pengusaha sekaligus politikus sukses Indonesia yang memiliki pesawat pribadi. Tujuan mereka membeli burung besi tersebut? Macam-macam. Ada yang untuk perjalanan bisnis, kepentingan politik, hingga bisa saja sekadar simbol kemewahan untuk menunjukkan pada khalayak bahwa mereka kini telah berada di atas “langit.”

1. Aburizal Bakrie

Meski hasratnya untuk maju sebagai capres pada Pemilu lalu urung terpenuhi, tetap saja Aburizal Bakrie adalah salah satu pengusaha sukses yang dihormati di negeri ini. ARB mengenyam pendidikan tingginya di Fakultas Elektro Institut Teknologi Bandung.

Pria yang pada 15 November tahun ini akan genap berumur 71 tersebut, punya banyak sumber kekayaan. Seperti dari sektor pertambangan, kontraktor, telekomunikasi, industri baja, hingga media massa. Fakta unik ARB adalah, pada tahun 2008 ia pernah menduduki posisi pertama orang terkaya, tak hanya di Indonesia, namun di Asia Tenggara dengan total kekayaan sebesar $9,2 miliar.

Dengan harta sebanyak itu, ia berhasil membeli sebuah pesawat pribadi. Konon, mantan Ketum Golkar ini punya 3 hingga 4 unit pesawat pribadi. Salah satu pesawat termahalnya berjenis Embraer Legacy 600 buatan Brazil di mana salah satu unitnya dibanderol seharga Rp275 miliar.

2. Chairul Tanjung

Pria ini ternyata mengambil perkuliahan di Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Indonesia. Ia kini memiliki perusahaan konglomerasi bernama CT Corp. Sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corporation, Bank Mega, dan CT Global Resources.

Pemilik Toserba Carrefour ini punya dua pesawat pribadi. Salah satu yang dimilikinya adalah pesawat Gulfstream G550 buatan General Dynamics, Amerika Serikat, yang harga satuannya adalah Rp 415 miliar. Pesawat yang menggunakan mesin ganda dari Rolls-Royce ini bisa mengangkut 19 penumpang.

3. Probowo Subianto

Prabowo Subianto saat ini menjabat sebagai pendiri sekaligus Ketum Gerindra. Meski gagal memang pada kontestasi Pilpres tahun lalu, ia diperkirakan bakal kembali mencalonkan pada Pilpres 2019. Selain menggeluti dunia politik, purnawirawan Letjen TNI ini juga gemar berbisnis. Sedikitnya ia sudah punya 27 perusahaan yang bergerak dalam beragam sektor.

Prabowo punya satu pesawat yang berjenis sama dengan ARB, Embraer Legacy 600. Pesawat ini muat ditumpangi sebanyak 13 orang saja. Pesawat ini kerap ia gunakan dalam perjalanan bisnis atau safari politiknya ke berbagai daerah baik di dalam maupun luar negeri. Selain pesawat pribadi, ia juga punya sebuah helikopter berjenis EC145.

4. Susi Pudjiastati

Menteri paling nyentrik di era pemerintahan Presiden Jokowi ini seperti kita ketahui memiliki bisnis maskapai bernama Susi Air. Wanita yang kini berusia 52 tahun tersebut, selain punya bisnis maskapai, juga terjun di pengolahan ikan di bawah bendera perusahaannya yang bernama PT. ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster yang bermerek “Susi Brand.”

Saat ini, ia memiliki 50 pesawat dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan dan 9 Pilatus PC-6 Porter. Ada 185 pilot yang bekerja di perusahaannya. Susi Air melayani 200 penerbangan. Tentu saja, sebagai pemilik perusahaan, ia dapat dengan bebas memilih dan menggunakan pesawat yang dimilikinya tersebut.

5. Surya Paloh

Surya Dharma Paloh lahir di Kutaraja, Banda Aceh, 16 Juli 1951. Ia banyak berkecimpung di dunia media dengan menjadi pimpinan Media Group. Ia juga empunya dari koran harian Media Indonesia, Lampung Post, hingga stasiun Metro TV. Selain sebagai pengusaha, ia juga sudah malang melintang aktif berpolitisi sebagai bagian dari partai Golkar. Dan saat ini ia menjadi Ketua Umum partai Nasional Demokrat.

Ia dikabarkan punya dua jenis pesawat pribadi bernama British Aerospace Bae 146 buatan Inggris, tentu saja, yang dapat memuat kapasitas 120 penumpang. Meski begitu, dirinya telah memodifikasi pesawat ini sehingga hanya muat 18 orang namun dengan tambahan fasilitas yang lebih mewah.

Nah Itulah daftar orang kaya Indonesia yang punya pesawat sendiri. Daftar ini mungkin bertambah, seiring semakin bermunculannya orang-orang kaya baru di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Baca juga: Daftar Orang Paling Tajir Di Negara Thailand Versi Majalah Forbes

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *